Senin, 20 September 2010

BROWSING DAN IDENTIFIKASI INTERNET EXPLORER

Cara- cara melakukan browsing:

A. Langkah – langkah yang di lakukan :

1. Buka salah satu internet browser, misalnya Internet Explorer , Mozzila Firefox atau Opera. Sebagai kasus misalnya kita pakai Mozilla Firefox. Klik 2 kali Mozilla firefox di desktop komputer anda dan akan muncul satu window .

2. Pada window tersebut ketik alamat website yang akan anda tuju pada kotak address; misal: www.era-akses.net 3. Lakukan hal yang sama terlebih dahulu apabila Anda ingin melakukan pencarian website di internet dengan menggunakan search Engine, Ada bermacam- macam search engine di internet salah satunya adalah www.google.com

B. Cara mudah untuk browsing dengan situs yang sulit di hapalkan

1. Gunakan Favorites atau Bookmarks
Pada browser internet yang anda gunakan ada menu diatas layer anda yang bernama favorites atau bookmakrs, simpanlah alamat URL website yang anda ikuti tersebut dan pastikan untuk selalu mengakses website tesebut kembali melalui menu favorites. Ini dimaksudkan untuk menjamin website yang Anda masuki adalah benar- benar website bisnis internet yang anda ikuti, sebab banyak upaya pencurian username dan password, dengan cara membuat website palsu yang sama persis dengan aslinya, dengan menggunakan URL yang mirip dengan aslinya. Jika dalam melakukan aktifitas anda menemukan kejanggalan yaitu tampilan halaman yang berubah dan koneksi terputus lalu muncul halaman yang meminta anda memasukkan username dan password, maka sebaiknya anda keluar dari browser (Exit) kemudian buka kembali dan masuk ke website tersebut hanya melalui favorites atau bookmarks anda, baru mulai dari awal dengan login memasukkan username dan password anda.

2. Fungsi Bookmarks
Bookmark berfungsi sebagai penanda (marker) persis seperti pembatas buku atau pita yang terdapat dalam Alkitab. Dengan bookmark Anda bisa menandai bagian-bagian yang penting sehingga di lain waktu Anda bisa dengan cepat kembali ke bagian tersebut. Untuk memasang bookmark pada bagian yang sedang Anda baca, Anda tinggal klik kanan untuk membuka menu popup dan memilih menu "Bookmark", atau lebih cepat lagi, cukup dengan menekan kunci Z pada keyboard. Maka akan terbuka kotak dialog "Pengaturan Bookmark". Tekan tombol "Tambah Bookmark" untuk menyimpan bookmark Anda. Lain kali jika Anda membutuhkannya, cukup tekan kunci F5 atau icon kelima dari kiri pada toolbar. Pilih bookmark yang Anda cari dan tekan "Menuju Ke Bookmark".

3. Cara Memasukkan URL website ke dalam FAVORITES dan BOOKMARKS
Setelah anda menemukan website atau halaman yang menarik pada suatu website, bookmark biasanya dilakukan sesuai dengan browser (program untuk browsing) yang biasa Anda gunakan, Sebagai contoh ada 3 browser yang akan kami jelaskan caranya: Progran untuk browsing dan cara menyimpang di bookmark

a.Untuk Pengguna Internet Explorer ( IE )
Klik pada menu FAVORITES, kemudian klik "Add to favorites," lalu berikan nama pada isian "Name," kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada jendela "Create in:," jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik "New Folder," setelah sesuai lalu klik OK.

b. Untuk Pengguna FireFox Klik pada menu BOOKMARKS, kemudian klik "Bookmark this page," lalu berikan nama pada isian "Name," kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada kotak "Create in:," jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik pada kotak kecil bertanda segitiga di sebelah kanan untuk memperbesar jendela, kemudian klik "New Folder," setelah sesuai lalu klik OK.

c. Untuk Pengguna Opera Klik pada menu BOOKMARKS, kemudian klik "Bookmark page," lalu berikan nama pada isian "Name," kemudian klik pada folder yang anda inginkan pada kotak "Create in:," jika belum ada foldernya anda bisa membuat folder baru dengan klik "New Folder," setelah sesuai lalu klik OK.identifikasi internet eksplorer

Elemen pada jendela Internet Explorer antara lain :
- Tittle bar (baris judul)
- Menu bar
- Address (kotak alamat)
- Tool menu - Scroll bar
- Tombol restore
- Tombol minimum
- Tombol close
Beberapa istilah yang terdapat pada Internet Explorer :
New : membuka hal yang baru
Open : membuka ataui mengakses URL di internet
Edit : mengaktifkan halaman editor
Save : menyimpan perubahan dalam format internet explorer
Save As : menyimpan dengan nama baru dalam format HTML atau TXT Page Setup : mengatur ukuran halaman
Send : mengirim sesuatu,ex : e-mail
Import/eksport : mengambil atau mengirim dari folder favorite ke
internet explorer atau sebaliknya
Work offline : menampilkan webpage tanpa loading
toolbar : gmbr/symbol untuk mewakili peta tertentu
Tanda X : menghentikan proses loading/upload/download
refresh/reload : mengulangi proses loading/download/upload
bookmark : menyimpan alamat situs tertentu
download : untuk mengimport data
upload : untuk menyimpan data pada alamat org lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar